Prosedur Dalam Mendaki Gunung Rinjani

Prosedur Dalam Mendaki Gunung Rinjani
Prosedur Dalam Mendaki Gunung Rinjani

Mendaki gunung ternyata tidak sekedar mempersiapkan baju hangat dan tenda lalu mulai melakukan pendakian.Terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi dan peraturan yang harus ditaati. Berikut adalah prosedur pendakian Gunung Rinjani atau yang dikenal pula dengan nama Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

1.    Sebelum mulai mendaki gunung, semua pengunjung diwajibkan untuk mendapat izin mendaki. Perizinan ini didapat dengan menggunakan sistem booking di kantor Balai TNGR. Pengunjung juga wajib untuk membayar tiket sesuai besaran biaya yang ditentukan.
2.    Booking bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Semua pengunjung harus mengurus SIMAKSI (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi) gunung ini. Surat izin ini hanya berlaku satu kali pendakian saja.
3.    Syarat pengajuan SIMAKSI mencakup mengisi buku tamu, membentuk kelompok serta memiliki pendamping bagi yang usianya di bawah tujuh belas tahun. Pendaki juga disarankan untuk menggunakan seorang guide penduduk lokal yang sudah mendapat izin dari Balai TNGR.
4.    Harga tiket masuk adalah dua ribu lima ratus rupiah untuk wisatawan domestik dan dua puluh ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara.
5.    Mendaki gunung Rinjani terutama untuk pemula akan semakin mudah apabila pendaki sebelumnya telah mempelajari medan serta karakteristik pendakian.
6.    Jika hendak mengubah jadwal atau membatalkan SIMAKSI,  hal ini dapat dilakukan paling lambat beberapa saat sebelum pendakian dilakukan.
7.    Calon pendaki yang telah memiliki SIMAKSI tidak dapat melakukan penambahan jumlah peserta pendakian.
8.    Pembatalan bisa diterima, akan tetapi biaya untuk tiket dan lain-lainnya yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan.
9.    Pembatalan SIMAKSI bisa dilakukan apabila terjadi Force Majeur, termasuk di antaranya adalah bencana alam seperti angin kencang, gunung meletus, kebakaran hutan dan lain-lain yang dapat mengancam keselamatan. Apabila pembatalan seperti ini dilakukan maka biaya tiket akan dikembalikan.

Prosedur serta peraturan dalam mendaki gunung ini diterapkan untuk kebaikan bersama, baik bagi para pendaki, guide, pemerintah setempat serta untuk menjaga kawasan TNGR dari kerusakan.Demikian informasi mengenai Prosedur Dalam Mendaki Gunung Rinjani, semoga bermanfaat bagi kita yang hendak menghabiskan liburan dengan mendaki gunung ini.

Share this:

    Blogger Comment
    Facebook Comment